Cara Menghilangkan Virus di Android

Kebanyakan orang yang mempunyai smartphone android, pasti suka bereksperimen untuk memaksimalkan ponsel. Seperti mencari cara untuk nge-root atau mendownload aplikasi mod dan lainnya.

Tetapi bagi yang suka download serta menginstal aplikasi sembarangan, pasti pernah mengalami smartphone tiba-tiba keluar iklan sendiri, ada aplikasi tidak jelas ke instal. Itu disebabkan oleh virus.

Untuk mencegah agar itu tidak terjadi, kalian bisa melihat ulasan dibawah untuk menghilangkan virus di android.

Apakah Android Bisa Terkena Virus ?

Bagi yang menggunakan komputer atau laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan virus. Biasanya virus di komputer dan laptop juga menginfeksi karena kalian menginstal software yang crack. Cara kerja virus pada komputer menggunakan teknik menduplikasi dirinya sebanyak-banyaknya.

Tetapi dalam kasus android ataupun iphone, belum ada kasus seperti virus pada komputer yang menyerang dengan cara menduplikasi dirinya. Jadi secara teknis, virus di android itu hanya sebutan untuk memudahkan orang untuk menjelaskan segala jenis perangkat lunak berbahaya.

Biasanya perangkat lunak berbahaya di android adalah malware atau spyware yang berguna untuk mengumpulkan data kalian untuk keperluan iklan mereka. Ada juga Mobile Ransomware yang mengunci semua file di android dan meminta tebusan ( biasanya lewat bitcoin ). Berbeda dengan android, iphone melarang penggunanya untuk menginstal aplikasi selain dari App Store. Jadi jarang sekali iphone terkena virus kecuali yang pernah jailbreak IOs.

Pembaruan sistem operasi juga bisa meminimalisir android terkena virus, karena setiap pembaruan sistem, selalu diadakan perbaikan bug serta kerentanan pada sistem sebelumnya.

Bagaimana Mengetahui Android Terkena Virus

Cara kerja malware seperti virus di android tidak kasat mata. Ketika kalian mengunduh aplikasi palsu, itu seperti membuka gerbang keamanan di smartphone. Malware segera menyembunyikan diri dan diam-diam mengambil data privasi untuk kepentingan mereka.

Terus, bagaimana cara agar hp tidak terkena virus ?

1. Cek penggunaan data android

Sering habis paket secara tiba-tiba? Padahal baru di beli 1 hari masa udah habis. Coba untuk mengecek penggunaan data di android kalian. Jika ada lonjakan tiba-tiba, itu tandanya android sudah terkena virus.

Cara mengecek penggunaan data :

  1. Pergi ke Setelan
  2. Klik menu Jaringan & Internet > Penggunaan Data
  3. Di bagian ini, kalian bisa melihat apa saja aplikasi dan berapa banyak data yang mereka gunakan
  4. Lihat aplikasi yang menyebabkan lonjakan penggunaan data dan hapus aplikasinya

2. Aplikasi selalu crash (has stopped working)

Ketika awal android digunakan, memang sering terjadi aplikasi crash, tapi seiring pembaruan sistem, saat ini hal itu sudah sangat jarang terjadi. Apalagi kalian yang menggunakan smartphone model terbaru. Tapi, jika sering mengalami aplikasi yang berhenti tiba-tiba di android, itu bisa menjadi tanda terkena virus.

3. Muncul Pop up

Saat sedang asik browsing, banyak website yang menggunakan iklan model pop up. Kabar baiknya, dengan menggunakan browser yang terpasang ad blocker, kalian bisa menjelajahi berbagai blog tanpa takut iklan muncul.

Tapi, bahkan, ketika sudah tidak menggunakan browser tetapi pop up masih muncul juga, itu sudah menjadi pertanda virus yang mencoba mencuri data smartphone kalian.

4. Aplikasi Palsu

Beranda smartphone tiba-tiba ada aplikasi yang tidak pernah di instal atau terdengar asing. Segera hapus aplikasi itu, karena mereka biasanya muncul karena kalian menginstal aplikasi dari sumber luar.

Walaupun terkadang ada yang menyembunyikan aplikasi di android. Kalian bisa melihat apa saja aplikasi yang terinstal pada setelan android.

5. Baterai cepat habis

Sebenarnya wajar jika smartphone panas. Bahkan model terbaru saat ini juga akan panas, kalau kalian menggunakannya secara berlebihan seperti bermain gim yang membuat mesin smartphone untuk bekerja secara terus menerus.

Malware dan virus juga bisa menjadi penyebab android kalian panas secara tidak wajar, bahkan ketika sedang tidak menggunakannya.

Cara Mengetahui Aplikasi Android Palsu

Sebelum mengetahui cara menghilangkan virus di hp, kalian harus mengetahui penyebab utama kenapa hp bisa disusupi virus yaitu karena menginstall aplikasi palsu.

Aplikasi palsu biasanya dibuat mirip seperti aplikasi asli, jika tidak jeli, kalian bisa tertipu. Cara paling umum untuk virus menyerang android adalah karena menginstal aplikasi pihak dari luar. Dengan memasukan virus melalu aplikasi palsu, mereka mengambil semua data yang tersimpan di android.

Bahkan mereka terkadang mengunci semua file dan meminta tebusan agar bisa mengembalikan file tersebut. Walau ada kasus, dimana aplikasi di Play Store juga disusupi oleh virus. Tapi itu terjadi pada tahun 2016. Virus yang bernama Hummingbad menyerang pengguna android.

Makanya itulah pentingnya mengetahui jejak pengembang pembuat aplikasi.

Cara paling ampuh untuk mengetahui aplikasi palsu

  1. Melihat pengembang aplikasi
  2. Melihat ulasan aplikasi tersebut
  3. Melihat tanggal publish aplikasi
  4. Melihat deskripsi aplikasi

Itu sebabnya kalian harus berhati-hati dan jeli ketika mendownload. Bagaimana jika sudah terlanjur kena virus ? Simak cara di bawah ini.

Cara Menghapus Malware di Android

Bagi kalian yang memiliki smartphone yang sudah terkena virus maka wajib untuk mengetahui cara menghapus virus malware di android. Tips dibawah ini sudah lebih dari cukup untuk meminimalkan virus menjangkit smartphone.

Saya menulis dengan instruksi yang jelas, terperinci, dan mudah dimengerti yang dapat digunakan siapa pun untuk menghapus malware secara gratis.

1. Menggunakan Aplikasi Anti virus

Sebenarnya anti virus tidak dibutuhkan pada smartphone android karena hanya memberat-beratkan memori, tapi jika android sudah terinfeksi virus atau sekedar mengamankan data yang ada di android, kalian bisa menginstal salah satu anti virus di Play Store. Ingat, selalu baca review sebelum menggunakannya.

Untuk yang ingin menghapus malware di android, bisa mencoba menggunakan Malwarebytes.

Diawal ketika menginstall Malwarebytes akan memberi akses premium selama 1 bulan. Selanjutnya ketika masa premium habis secara otomatis premium pindah ke versi gratis.

Dimana pada versi ini Malwarebytes akan memindai malware ketika kalian menjalankannya saja.

Cara Menggunakan Malwarebytes di Android

  1. Download dan install Malwarebytes di Play Store
  2. Buka aplikasi Malwarebytes di smartphone
  3. Ikuti petunjuk yang diberikan Malwarebytes untuk pengaturan di android
  4. Setelah selesai melakukan pengaturan, di menu Dashboard kalian tekan Fix now
  5. Tekan Update database
  6. Tekan Run full scan. Setelah itu tunggu Malwarebytes melakukan scan pada android kalian. Proses ini biasanya memakan waktu tergantung seberapa banyak file di android.
  7. Ketika proses scan sudah selesai, jika ada malware di android, kalian tekan Remove Selected untuk menghapus semua program berbahaya
  8. Restart smartphone kalian

Malwarebytes untuk Android

2. Perbarui Sistem Android

Walaupun jarang, pastikan kalian selalu melakukan setiap pembaruan sistem android. Jika sudah tidak ada pembaruan, lihat apakah sistem android sudah yang paling baru. Ketika kalian melihat pembaruan pada sistem android, pastikan untuk menginstal perbaruan itu.

Karena setiap pembaruan pasti akan menghilangkan berbagai bug dan kerentanan yang dimiliki sistem sebelumnya.

3. Cek App Permission

Setiap menginstal aplikasi walaupun di Play Store selalu liat permintaan izin apa yang diminta aplikasi. Jangan biarkan mereka meminta hak admin, karena akan menyusahkan untuk kalian menghapusnya di kemudian hari.

Dan apa perlu aplikasi semacam pemutar lagu untuk melihat daftar kontak kalian ?

4. Hindari Menginstal Aplikasi di Luar Play Store

Kecuali kalian mengetahuinya, selalu hindari untuk menginstal aplikasi di website yang tidak jelas, selain menghindari android terkena virus. Melihat fakta saat ini, menginstal aplikasi dari pihak ketiga adalah cara yang umum bagi penyusup untuk memasukan dan menginfeksi android dengan malware ataupun spyware.

5. Menghapus Aplikasi

Dalam banyak kasus, aplikasi bisa hilang cukup dengan menghapusnya seperti biasa. Tapi ada beberapa aplikasi yang melawan ketika kalian mencoba menghapusnya.Itu karena mereka telah mengakses sistem admin, Kalian hanya perlu mengatur device administrators di android. Dengan cara klik Setting-> Pilih menu Security->klik Device Administrators.

Lihat aplikasi apa saja yang memungkinkan mereka menggunakan sistem admin. Atur aplikasi yang melawan ketika dihapus tadi, kemudian kalian hapus kembali aplikasi tersebut.

Infografis Cara Menghilangkan Virus di Android
Infografis Cara Menghilangkan Virus di Android

Kesimpulan

Barang elektronik yang menggunakan sistem operasi seperti komputer atau smartphone memang rentan diserang virus. Kalian hanya perlu jeli dan berhati-hati ketika menginstal aplikasi untuk menghindari smartphone terkena virus. Jika paranoid, cobalah untuk menginstal satu anti virus di smartphone.

Untuk penanggulangan cara menghilangkan virus di android selalu bersihkan sistem operasi setidaknya seminggu sekali menggunakan anti virus.

Jangan lupa mendownload aplikasi di toko resmi seperti Play Store.