Cara Mengetahui Password Wifi di Android

Kendala bagi pengguna android yaitu banyaknya akses yang dibatasi ketika android belum di root, walaupun tujuan tersebut baik untuk menjaga keamanan pengguna android. Tetapi batasan yang ada ketika smartphone belum di root terkadang sedikit mengganggu.

Seperti tidak bisa menampilkan password wifi yang pernah disimpan di android atau ketika kalian hendak menyembunyikan aplikasi tertentu di android.

Dengan menggunakan akses root, kalian bisa mengetahui semua password wifi yang pernah disimpan menggunakan aplikasi atau manual dengan cara mengecek file.

Tapi kabar baiknya, sekarang saya akan menjelaskan cara mengetahui password wifi di android. Jadi kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Saya juga akan memberikan aplikasi yang bisa mempermudah untuk mengetahui password wifi di android.

Silakan simak dibawah ini.

ES File Explorer

Sebenarnya jika kalian pernah menyimpan password wifi di android data tersebut akan di simpan. Untuk melihat kembali data yang berisi password wifi kalian perlu membuka filenya kembali.

Step pertama kalian akan menggunakan cara yang manual tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi ini terkadang sudah ada di android keluaran lama, tetapi jika aplikasi tidak ada, kalian bisa mendownload terlebih dahulu dan kemudian install.

Cara Menggunakan ES File Explorer

1. Klik ke folder root di ES File Explorer dan cari folder data. Buka Folder data > Misc > Folder Wifi. Kemudian cari “wpa_supplicant.conf”. Pastikan android kalian memiliki aplikasi untuk melihat text/HTML. Biasanya setiap android sudah memiliki aplikasi tersebut, tapi kalau belum bisa dicari di Play Store.

Menggunakan ES File Explorer (1)

2. Setelah membuka “wpa_supplicant.conf” kalian akan melihat tulisan ssid yang berarti nama wifi, dan psk yang berarti password wifi. Silakan cari nama wifi yang ingin kalian ketahui passwordnya. Mohon untuk tidak mengedit file karena akan berakibat error pada wifi.

Menggunakan ES File Explorer (2)

Wifi Key Recovery

Mungkin bagi sebagian orang cara di atas agak sedikit rumit. Tapi tidak apa-apa karena saya akan memberi cara yang sangat praktis untuk kalian.

Tapi sebelum itu, cara ini menggunakan aplikasi pihak ketiga, oleh karena itu hal pertama kalian harus menginstall aplikasi ini di android untuk menggunakannya.

Aplikasi buatan Alexandros Schillings ini diklaim support di semua device android.

Tapi aplikasi ini memerlukan akses root untuk digunakan serta harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan wifi yang ingin kalian ketahui passwordnya.

Tapi kabar baiknya aplikasi ini bebas iklan.

Cara Menggunakan Wifi Key Recovery

1. Install dan jalankan aplikasi. Hanya dengan menjalakan aplikasi, kalian sudah bisa mengakses password wifi yang tersimpan di android.

Menggunakan Wifi Key Recovery (1)

2. Pilih password dan klik password wifi yang kalian inginkan , maka akan keluar jendela pilihan yaitu copy password, show all, and show QR code.

Menggunakan Wifi Key Recovery (2)

3. Lihat password. Dengan mengklik pilihan tadi aplikasi akan menampilkan password wifi yang dipilih. Jika kalian sebelumnya memilih show all maka password wifi yang pernah tersimpan di android akan ditampilkan semuanya.

Menggunakan Wifi Key Recovery (3)

Wifi Password Recovery

Kalian yang pernah menyimpan password wifi di android dan sekarang lupa bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memerlukan akses root untuk digunakan.

Jadi smartphone yang belum di root tidak bisa menggunakannya.

Wifi Password Recovery

Cara Menggunakan Wifi Password Recovery

  1. Download Wifi Password Recovery di Play Store dan install
  2. Buka aplikasinya dan muncul pemberitahuan untuk akses root
  3. Akan muncul list password wifi yang pernah kalian simpan dismartphone

Cara melihat password wifi yang tersimpan di android tanpa root

Bagi yang memiliki smartphone yang belum di root jangan pusing dulu. Kalian tetap bisa melihat password wifi yang tersimpan di android tanpa root menggunakan bantuan komputer atau laptop.

Dengan menggunakan ADB driver kalian bisa mengakses file “wpa_supplicant.conf”. Dengan file tersebut kalian bisa melihat semua password wifi yang tersimpan di android. Hebat bukan ?  Untuk cara menggunakannya baca dibawah ini.

Cara Menggunakan ADB di Komputer

Untuk awalan, kalian Install ADB drivers, disini : http://adbdriver.com dan Minimal ADB and Fastboot disini : https://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2317790

Sebelum lanjut, android harus menjadi pengembang terlebih dahulu. Caranya pergi ke Setelan > Tentang > Dibagian bawah, klik Serial number 5-6 kali sampai seperti ini :

sukses menjadi pengembang

Setelah sukses menjadi pengembang, kalian kembali ke Setelan > Opsi pengembang > Kemudian aktifkan Debug USB.

Untuk Menggunakan ADB di Windows simak dibawah ini.

1. Kalian buka aplikasi yang telah di install , biasanya ada di C\windows\system32\platform_tools , setelah itu klik kanan dan klik “Open Command Window here.”

Cara Menggunakan ADB drivers (1)

2. Kalian perlu menyambungkan android dengan kabel data dan disambungkan ke komputer, kemudian ketik adb services

Cara Menggunakan ADB drivers (2)

3. Setelah tersambung kalian hanya perlu ketik adb pull /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf c:/wpa_supplicant.conf Kemudian kalian cek datanya di disk C

4. Enjoy dengan password wifi

Cara Menggunakan ADB drivers (3)

Kesimpulan

Perlu di ingat, bahwa tips di atas bukan cara mengetahui password wifi yang belum pernah connect di android. Karena password wifi yang belum pernah dikoneksikan di android tidak akan mungkin bisa dilihat passwordnya. Kecuali kalian membobol wifi tersebut. Atau bertanya kepada pemilik wifi.

Selamat mencoba.