Cara Print Lewat HP Android Via Wifi

Print merupakan kebutuhan yang penting saat ini apalagi bagi mahasiswa atau siswa yang harus mengerjakan tugas dengan cara ngeprint. semakin banyakkan pengguna android, membuat pengembang aplikasi android harus terus berinovasi. Bagi kalian yang menggunakan android, dengan memanfaatkan aplikasi yang banyak beredar di Play Store sekarang tidak perlu lagi menggunakan PC untuk sekedar print tugas. Karena dengan aplikasi yang akan saya bahas dibawah ini. Cara print lewat hp android via wifi sudah bukan sekedar khalayan lagi.

Kelebihan itu sangat bermanfaat bagi kalian yang tidak punya komputer atau laptop dirumah. Tetapi tetap saja untuk mengerjakan tugas paling enak menggunakan komputer daripada dari HP karena keterbatasan android dalam hal fungsi.

Jika dulu kalian perlu untuk menghidupkan PC, mencari dokumen yang ingin dicetak, menghidupkan printer. Terkadang mencetak pada PC atau laptop dapat membosankan dan memakan banyak waktu. Untungnya, sekarang ada cara mudah untuk print dokumen atau gambar menggunakan android dengan memanfaatkan fitur wifi yang juga diadopsi oleh pengembang printer.

Baca juga, Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Jika printer kalian masih menggunakan keluaran lama sebaiknya kalian berfikir untuk segera menggantinya dengan keluaran saat ini. Selain lebih bagus kualitasnya, tentu ada fitur wifinya.

Aplikasi Print Lewat HP Android via Wifi

Kalian yang mempunyai printer yang sudah bisa menggunakan wifi bisa mencari aplikasi dibawah ini untuk ngeprint dengan android.

1. PrinterShare Premium

PrinterShare Premium
PrinterShare Premium

Android tidak hanya memfasilitasi komunikasi saat ini, tetapi juga mendukung kebutuhan lain, seperti mencetak file, dokumen dan file foto. Kelebihan smartphone Android saat ini adalah memiliki fungsi cloud printing yang dapat dihubungkan langsung ke printer untuk mendukung kebutuhan pencetakan dokumen. Metode yang cepat dan mudah karena kalian tidak perlu lagi menyalakan PC atau membeli kabel panjang dan ribet selama proses pencetakan.

Selain menggunakan fitur Cloud Print, aplikasi lain dapat digunakan.

Salah satunya adalah aplikasi PrinterShare Premium. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis untuk mencetak dengan smartphone atau tablet Android. Beberapa jenis file seperti Ms Office, PDF, PS, RTF, halaman Web dan lainnya dapat dicetak menggunakan aplikasi ini. Aplikasi besutan Mobile Dynamix ini sudah digunakan oleh puluhan ribu orang.

Tapi aplikasi ini tidak gratis. Kalian harus merogoh kocek 20.000 ribu untuk bisa memilikinya. Tentunya harus segitu tidak sepadan dengan keuntungan yang kalian dapatkan. Untuk printer yang support dengan aplikasi ini kalian bisa cek di websitenya http://printershare.com/help-mobile-supported.sdf.

2. Google Cloud Print

Google Cloud Print
Google Cloud Print

 

Kamu harus tahu bahwa tidak semua printer Wifi memiliki fitur Google Cloud Print. Jika printer nirkabel kamu tidak ada dalam Google Cloud Print List, kamu harus mendaftarkannya menggunakan browser Chrome. Untuk printer Google Cloud Print yang out-of-the-box, kamu perlu mendaftarkan printer secara langsung ke Akun Google kamu. Sekadar informasi, pengguna KitKat dapat mencetak melalui instalasi aplikasi, karena plug-in printer terintegrasi langsung dengan versi Android ini.

Diperkenalkan pada bulan April 2010, awalnya ini digunakan untuk google chrome saja. Dengan menggunakan transmisi dari google dipastikan dokumen yang mau kalian print sebelumnya diback up pada server google, setelah proses print selesai. Dokumen yang tersikmpan dihapus oleh google jadi privasi kalian tetap aman.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Mobile Print - PrinterShare
Mobile Print – PrinterShare

Jika kamu memiliki printer Wifi yang terhubung ke jaringan Wifi lokal tetapi kamu tidak dapat terhubung karena tidak didukung oleh Google Cloud Print, kamu masih dapat menggunakan banyak aplikasi yang tersedia di Play Store untuk mencetak dari printer. Beberapa aplikasi khusus untuk model printer tertentu, yang dengannya kamu dapat mengirim perintah cetak nirkabel ke printer Wifi kamu. Jadi sebelum memutuskan membeli printer , sebaiknya baca dulu dan tanyakan apakah sudah support print lewat wifi.

Jika kalian tetap saja kesulitan menemukan aplikasi spesifik untuk printer, saa sarankan untuk menggunakan aplikasi yang disebut Mobile Print – PrinterShare. Aplikasi ini secara otomatis mendeteksi printer Wi-Fi di jaringan Wi-Fi yang sama dan memungkinkan kalian mencetak langsung dari perangkat Android. Kabar baiknya, apilasi ini gratis untuk kalian gunakan.

Kesimpulan

Cara yang sangat sederhana dan mudah, bukan? Cara print lewat hp android via wifi termasuk solusi bagi kamu yang terkendala tidak punya PC atau lagi males untuk menghidupkan PC. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi zaman ini, tentu semakin memudahkan aktifitas kita. Selain itu cara ini mendukung kebutuhan untuk mencetak dari printer dari berbagai merek yang sudah support LAN atau Wifi.