Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Untuk beberapa alasan, banyak orang mencoba menyembunyikan aplikasi Android dari daftar menu. Tentu saja ada aplikasi pribadi di smartphone Android yang tidak ingin dilihat orang lain. Biasanya, ini untuk mencegah anak-anak atau orang lain membuka aplikasi tanpa sepengetahuan kalian.

Jika kalian bingung bagaimana agar orang tidak asal melihat privasi kalian, untuk aplikasi chat atau yang lain bisa kalian sembunyikan. Dengan begitu tidak bisa lagi teman yang usil melihat privasi kalian.

Sebagai pengguna Android, kalian yang ingin mencoba menyembunyikan aplikasi bisa mencoba beberapa aplikasi dibawah ini.

Harap diperhatikan, saya membagi cara menyembunyikan aplikasi bagi android yang sudah di root dan yang belum di root.

Dengan Bantuan Aplikasi

Banyak beredar aplikasi pihak ketiga di toko resmi Play Store untuk menyembunyikan aplikasi di android.

Tapi kelemahannya kebanyakan aplikasi tersebut mengharuskan kalian untuk meroot android terlebih dahulu.

Oleh karena itu saya bagi menjadi 2 bagian.

Hide App-Hide Application Icon ( Root )

Hide App-Hide Application Icon

Tutorial pertama ini akan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jalankan Play Store di perangkat Anda, dan kemudian gunakan kata kunci “Hide App-Hide” untuk menemukan aplikasi. Instal aplikasi dan jalankan.

Perhatikan bahwa aplikasi ini memerlukan akses root. Jadi pastikan perangkat Anda sudah diroot sebelum menggunakan aplikasi ini.

  • Jika Android kamu sudah diroot, ketuk Check Now atau Periksa Sekarang  dan ikon plus untuk menambahkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Kemudian periksa aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk tombol Simpan. Aplikasi kemudian akan meminta Anda untuk mengatur PIN sebagai keamanan untuk menampilkan aplikasi yang tersembunyi serta semua orang yang tidak tau PIN tidak dapat menjalankan aplikasi ini.
  • Ketuk Set it atau Atur, dan buat PIN yang mudah Anda ingat.
  • Jika demikian, sekarang cobalah menemukan ikon aplikasi yang Anda sembunyikan, tentu saja, itu tidak muncul di menu lagi.
  • Untuk melihat lagi aplikasi di menu, buka aplikasi Hide App-Hide Application Icon, ketuk salah satu aplikasi yang ingin ditampilkan kembali, lalu ketuk Unhide.

Hide App, Safe Chat – PrivacyHider ( No Root )

Metode kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan pihak ketiga yang disebut Hide App, Safe Chat – PrivacyHider.

Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi karena, selain menyembunyikan aplikasi, kelebihan lainnya, aplikasi ini dapat digunakan untuk menyembunyikan obrolan, menyembunyikan pemberitahuan aplikasi tertentu dan mengambil gambar seseorang yang mencoba membuka kunci kata sandi ponsel kamu.

Selain itu aplikasi ini bisa menyamarkan ikonnya dan mengaksesnya lewat kalkulator, tentu saja fungsi kalkulatornya tetap berjalan. Aplikasi ini sanggup untuk menyembunyikan 15 aplikasi sekaligus dari android kalian.

Cara menggunakan Hide App, Safe Chat – PrivacyHider

  • Download aplikasi ini di Play Store, setelah aplikasi diinstal di Android, segera buka aplikasi. Pilih ikon + di kanan atas untuk mulai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Pilih satu atau lebih aplikasi di Android yang ingin kalian sembunyikan. Tunggu beberapa detik, aplikasi akan memproses permintaan kalian dan menyembunyikannya.
  • Aplikasi akan hilang dari menu utama. Untuk mengaksesnya kalian bisa membuka melalui kalkulator dan tekan kode yang ditetapkan dan aplikasi langsung muncul.

Calculator Vault : App Hider – Hide Apps ( No Root )

Calculator Vault - App Hider

Metode terakhir mungkin yang paling unik. Sekilas aplikasi yang digunakan tidak terlihat seperti aplikasi diatas lainnya.

Calculator Vault dapat menyembunyikan aplikasi apa saja yang terinstall di android kalian. Mulai dari foto, aplikasi dan pemberitahuan aplikasi.

Dengan menggunakan konsep kalkulator, teman kalian yang jahil tidak bisa mengetahuinya secara sekilas, dan data yang sudah disembunyikan tidak akan ada di pencarian android kalian.

Selain menggunakan tampilan kalkulator, kalian juga bisa mengubahnnya menjadi tampilan telepon.

Download aplikasi ini di Playstore, jika kamu telah menginstal aplikasi, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakannya :

  • Pertama kali menggunakannya, aplikasi ini akan meminta kalian memasukkan kode empat digit. Dengan cara yang unik, kalian diundang untuk memasukkannya dalam bentuk kalkulator. Ya, penampilan kalkulator sebenarnya adalah input atau gerbang dari aplikasi yang kalian sembunyikan. Tentu saja, hanya diketahui oleh kalian.
  • Di dalam kalkulator, kalian menyembunyikan aplikasi pribadi yang diinginkan seperti aplikasi chat atau yang lain. Orang lain yang meminjam ponsel kalian tidak akan menemukan aplikasi ini karena tidak tersedia di menu utama, tetapi hanya di aplikasi ini.

Tanpa Bantuan Aplikasi

Sebenarnya bukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, tetapi kalian harus menginstall peluncur pihak ketiga.

Dengan menggunakan peluncur pihak ketiga, seperti Nova Launcher, Dodol Launcher (sekarang disebut Line Launcher) atau Apex Launcher.

Cara menggunakan Nova Launcher untuk menyembunyikan aplikasi

  1. Kalian download dulu Nova Launcher di Play Store
  2. Setelah instal, tekan App & Widget Drawers > Hide Apps
  3. Pilih aplikasi yang dinginkan

Cara menggunakan Apex Launcher untuk menyembunyikan aplikasi

  1. Kalian download dulu Apex Launcher di Play Store
  2. Setelah instal, tekan Apex Settings > Drawer Settings > Hidden Apps
  3. Pilih aplikasi yang diinginkan

Kalian bisa menggunakan fitur yang ada dipeluncur, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Selain itu tampilan peluncur juga unik jadi ada nilai tambahnya.

Walau begitu, peluncur pihak ketiga biasanya memakan banyak ram smartphone. Jadi sebelum menggunakannnya, pastikan cek ram smartphone terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dengan cara diatas, teman kalian yang usil tidak bisa lagi sembarangan melihat privasi kalian. Pastikan bagi yang mempunyai android belum di root menggunakan aplikasi khusus.

Pastikan kalian bijak dalam menggunakannya.

Dari berbagai aplikasi diatas, mana yang kalian sukai ?

Hi, saya Muhammad Zakaria biasa dipanggil Jack. Doyan Ngoprek Komputer dan Android. Daripada disebut Ahli, saya lebih suka disebut Antusias. Rela nulis Tips Android agar orang tidak tersesat.

Site Footer