Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Kalian yang pernah secara tidak sengaja menghapus foto pasti rasanya bingung dan kesal, apalagi yang tidak mengetahui seluk beluk android. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, dan rasanya sakit banget. Foto di android biasanya ketika dihapus langsung hilang tanpa dimasukkan ke folder sampah terlebih dahulu, tidak seperti pada PC Windows. Jika ini terjadi lagi, kalian tidak perlu khawatir karena saya sekarang akan memberitahu cara mengembalikan foto yang terhapus di android.

Mengembalikan foto yang dihapus bukan tidak mungkin. Sebab sejak dihapus, foto belum sepenuhnya terhapus dari perangkat android kalian. Karena itu kalian bisa mengembalikan fotonya kembali. Kalian harus tahu bahwa ketika data di Android dihapus, baik itu foto, lagu atau dokumen. Data tersebut belum sepenuhnya hilang sampai ada data baru yang menimpa data lama. Sebab cara kerja android yaitu data yang pertama telah dihapus adalah indeks yang menunjuk ke data. Oleh karena itu, jika kalian dapat menemukan indeksnya, kalian dapat memulihkan datanya.

Karenanya, kali ini, saya akan memberikan solusi bagi kalian yang ingin mencari dan mengembalikan data, Karena secara manual kalian gak bisa mencari indeks yang terhapus. Kalian perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android

Dibawah saya khususkan bagi pemakai android, walaupun beda pembuat asalkan masih menggunakan sistem operasi android aplikasi dibawah akan tetap berjalan. tidak semua aplikasi dibawah telah saya uji, tetapi saya melihat banyak review bagus dari penggunannya.

Jadi bisa dikatakan aplikasi ini teruji dan layak untuk kalian gunakan. Jika data masih belum lama terhapus kesempatan untuk di kembalikan semakin tinggi. Jadi langsung simak saja dibawah ini.

1. DiskDigger photo recovery

DiskDigger photo recovery

DiskDigger photo recovery adalah salah satu aplikasi diplaystore yang bisa mengembalikan foto kamu yang terhapus. Dengan fungsi untuk mengembalikan foto yang dihapus ke perangkat Android, DiskDigger termasuk aplikasi yang terbaik.

Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger photo recovery, Anda tidak perlu khawatir tentang rooting di Android. Namun, jika Android kamu belum di root, aplikasi ini menyediakan beberapa batasan untuk memanfaatkan fitur-fiturnya.

Sedangkan bagi kamu yang mempunyai Android yang sudah diroot, dapat menikmati semua fitur yang tersedia di aplikasi DiskDigger photo recovery. Bukan hanya foto, kamu bahkan dapat mengembalikan video yang dihapus di Android.

Diantara kelebihan diatas, aplikasi ini masih memiliki kekurangannya, yaitu hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus saja. Jadi jika kamu memiliki dokumen atau lagu yang terhapus ,aplikasi ini tidak bisa digunakan serta mungkin foto yang terlalu besar kualitasnya akan menurun.

Cara menggunakan DiskDigger photo recovery

  1. Kalian install terlebih dahulu diskdigger photo recorvery di Play Store
  2. Setelah install, buka diskdigger photo recorevery dan tekan Refresh list
  3. Nanti bakalan muncul folder System, kalian buka foldernya
  4. Setelah membuka file folder, kalian tekan Scan Device, kemudian akan keluar daftar foto atau file yang paling baru kalian hapus dari android
  5. Pilih foto yang ingin kalian pulihkan dan tekan simpan
  6. Diskdigger akan bertanya tempat dimana kalian ingin file disimpan. Setelah memilih foto akan muncul kembali di android kalian

2. DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery

Tidak jauh berbeda dari aplikasi DiskDigger photo recovery, untuk kamu yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di Android, sekarang bisa menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk digunakan. DigDeep Image Recovery menjamin pengguna bahwa kemampuannya untuk mengembalikan foto yang dihapus ke memori internal dan memori eksternal.

Selain itu, DigDeep Image Recovery sangat mudah dan sederhana digunakan untuk semua orang dan perangkat Android apa pun. Cukup download DigDeep Image Recovery di playstore. Aplikasi ini akan memindai secara otomatis. Setelah memindai, kamu dapat segera menemukan foto yang terhapus.

3. Photo Recovery Workshop

Photo Recovery Workshop

Masih ingin lihat rekomendasi aplikasi untuk mengembalikan foto kamu yang terpahus? Kali ini, aplikasi tersebut disebut Photo Recovery Workshop. Dalam aplikasinya, sang pembuat aplikasi menjamin pengguna dapat mengembalikan foto yang dihapus ke Android. Selain itu, bahkan Photo Recovery Workshop dapat mengembalikan berbagai format foto dan video seperti JPEG, PNG, TIFF, GIF, BMP, JPG, TIF, 3GP dan MP4.

Luar biasa bukan! Hanya bermodal paket data untuk mendownload aplikasi ini, kamu sudah bisa memulihkan foto yang terhapus bahkan tanpa harus root android terlebih dahulu. Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup cari diplaystore dan instal di Android.

Cara Backup Foto di Android

Setelah saya memberikan penjelasan cara mengembalikan foto yang terhapus di android. Agar kalian tidak mengalami kejadian ini kembali, saya sarankan untuk segera membackup foto yang tersimpan di memori android kalian. Selain aman ketika foto tidak sengaja terhapus, kalian juga bisa mendownloadnya kembali. Dengan menggunakan Google Foto kalian bisa menyimpan foto atau video tanpa batas dan mudah untuk diatur.

Cara Backup Foto Menggunakan Google Foto
Cara Backup Foto Menggunakan Google Foto

Cara menggunakan google foto di android

  1. Kalian download dulu aplikasi Google Foto di Play Store
  2. Setelah install, kalian buka Setting > Backup & sync
  3. Aktifkan bagian Backup & sync ke posisi aktif

Setelah mengaktifkannya kalian secara otomatis akan ke sinkronisasi dengan Google Foto. Bahkan ketika kalian mengedit foto di android, Google Foto secara otomatis membackupnya. Jadi foto di android kalian akan sama dengan foto di Google Foto.

Cara Melihat Foto yang di-backup Google Foto

  1. Kalian buka aplikasi Google Foto di android
  2. Masuk ke bagian Foto ( Pastikan akun gmail kalian sama ketika menginstall Google Foto pertama kali )
  3. Di bagian Foto kalian bisa melihat semua foto yang ter-backup

Kesimpulan

Aplikasi di atas tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, karena cara kerja aplikasi tentu berbeda-beda karena yang membuatnya juga beda orang. Jadi sebaiknya kalian tidak meremehkan data atau apapun yang tersimpan di android kalian. Bisa dengan cara membackupnya dengan google drive atau dropbox. Karena data yang sudah dihapus tidak semua bisa kembali.

Kalau ternyata foto kalian tidak bisa dikembalikan, jadikan itu sebagai pengalaman dalam menggunakan android serta jangan pernah lagi melakukan kesalahan yang sama. Cara mengembalikan foto yang terhapus di android tentu tidak gampang karena diperlukan waktu yang tidak sebentar. Aplikasi diatas sudah saya uji dan layak digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun. Aplikasi diatas bisa langsung di download di Play Store dan dipasang di android masing-masing.