Cara Mengirim Share It Lewat Bluetooth

Share on:

Share it merupakan salah satu media yang digunakan untuk berkirim maupun bertukar data yang cukup populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Awalnya merupakan aplikasi yang tersedia untuk ponsel dan platform Android, kini Share It bisa diakses dan digunakan untuk komputer ataupun ponsel dengan sistem operasi iOS. Inilah langkah mudah cara mengirim Share It lewat Bluetooth yang perlu Anda ketahui.

Tutorial Mengirim Share It Lewat Bluetooth dengan Mudah

Sebenarnya, Share It sendiri merupakan sebuah aplikasi pengirim dan penerima data yang lebih cepat daripada menggunakan bluetooth. Berkat kelebihannya tersebut. Kini Share It merupakan aplikasi yang digunakan lebih dari lima ratus juta pengguna dan rating 4.3, yang berdasarkan perhitungan hanya dari aplikasi Play Store dan akan terus bertambah ke depannya. Cara mengirim Share It lewat Bluetooth juga mudah dilakukan.

Hal penting yang sebaiknya Anda ketahui tentang Share It adalah ia harus digunakan dan dipakai oleh kedua pihak ponsel agar bisa digunakan. Apabila hanya salah satu saja, perangkat ponsel milik teman Anda tersebut tidak akan ditemukan dan pengiriman tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan teman Anda sudah mengunduh dan melakukan pemasangan aplikasi Share It terlebih dahulu sebelum sepakat menggunakannya sebagai media berkirim data.

Baca juga Cara Menyembunyikan Icon Wifi di Android

Daripada melakukan pengunduhan di Play Store sebenarnya terdapat cara yang lebih mudah untuk mengundang dan berbagai Share It kepada teman Anda dengan cara yang lebih gampang. Cara mengirim Share It lewat Bluetooth adalah solusinya.

Selain mudah digunakan, langkah dan cara tersebut memiliki kelebihan lain berupa tidak menggunakan kuota dan jaringan internet sedikitpun, sehingga bisa dilakukan secara offline.

Share It

Inilah langkah yang perlu Anda lakukan untuk berbagi aplikasi Share It dengan menggunakan Bluetooth.

  1. Cara mengirim Share It lewat Bluetooth yang pertama adalah salah satu ponsel yang hendak Anda gunakan sebagai pengirim atau penerima data, harus sudah memiliki aplikasi Share It terlebih dahulu. Jika belum, proses dan langkah ini tidak bisa dilanjutkan. Mau tidak mau, salah satu dari Anda ataupun teman Anda harus mengunduh aplikasi tersebut di Play Store terlebih dahulu.
  2. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Play Store, kemudian melakukan pencarian pada kolom Cari dengan mengetikkan Share It di kotak yang disediakan. Tunggu sejenak kemudian akan muncul nama aplikasi Share It yang Anda cari.
  3. Unduh sampai tuntas, kemudian pasang pada ponsel Anda maupun ponsel milik teman Anda. Salah satu dari kalian harus memiliki aplikasi ini sebelum berlanjut ke tahap cara mengirim Share It lewat Bluetooth.
  4. Jika sudah selesai, buka aplikasi Share It tersebut, di ponsel yang telah memiliki Share It sebelumnya. Sedangkan ponsel yang belum memiliki aplikasi Share It hanya perlu mengaktifkan bluetooth saja.
  5. Pastikan bluetooth benar-benar aktif. Kemudian setelah aplikasi Share It terbuka pada halaman utama, lihat di bagian sisi kanan atas, kemudian klik menu yang bertuliskan Undang.
  6. Terdapat beberapa pilihan, Anda harus memilih undangan yang menggunakan via bluetooth. Jika sudah, pilih dan tekan OK.
  7. Inilah fungsi memastikan bluetooth pada ponsel milik teman Anda benar-benar aktif. Karena pada langkah cara mengirim Share It lewat bluetooth ini, aplikasi Share It milik Anda secara otomatis akan melakukan scanning pada area di sekitar ponsel Anda untuk menemukan perangkat bluetooth yang sedang aktif.
  8. Apabila perangkat bluetooth sudah ditemukan dan dipastikan perangkat tersebut benar milik teman Anda, terima penerimaan data berupa aplikasi maupun media menggunakan bluetooth yang dikirimkan oleh perangkat aplikasi Share It milik Anda.
  9. Tunggu hingga proses benar-benar selesai, karena jika tidak, maka file yang dikirim akan rusak atau corrupt sehingga malah tidak bisa dibuka dan di gunakan.
  10. Jika sudah terkirim secara sempurna, kini aplikasi Share It telah tersedia di ponsel milik teman Anda. Carilah pada penyimpanan pengiriman bluetooth dan kemudian pasang aplikasi tersebut di ponsel milik teman Anda. Kini Anda bisa berkirim data dengan lebih mudah menggunakan cara mengirim Share It lewat Bluetooth yang sebelumnya dijelaskan.

Langkah tersebut bisa Anda lakukan ketika salah satu dari Anda ataupun teman Anda sedang tidak memiliki kuota internet. Maka langkah dan cara seperti ini lebih cocok untuk digunakan.

Namun dalam beberapa kasus, langkah diatas tidak bisa berjalan sempurna atau malah tidak bisa digunakan sama sekali.

Hal tersebut mungkin karena perbedaan tipe ponsel yang digunakan, ataupun karena masalah lainnya sehingga menyebabkan salah satu dari media ponsel milik Anda ataupun teman Anda menolak undangan pengiriman yang telah dilakukan.

Jika hal tersebut terjadi, ikuti langkah kedua berikut ini sebagai alternatif dari cara mengirim Share It lewat Bluetooth.

  1. Instal dan pasang terlebih dahulu aplikasi perangkat ketiga, yakni Apk Extractor. Anda bisa mengunduhnya di Play Store pada ponsel Android yang Anda maupun teman Anda miliki.
  2. Jika sudah selesai, buka aplikasi tersebut dan tunggu sejenak hingga ia membaca semua file di ponsel yang Anda gunakan. Carilah data Share It, kemudian pilih aplikasinya.
  3. Aplikasi kemudian akan mengekstrak file tersebut menjadi file yang bereksistensi .apk yang mudah untuk ditemukan dan di kirim. Anda bisa menemukanya di bagian menu penyimpanan internal dengan folder bernama ExtractedApk.
  4. Di dalamnya Anda akan menemukan file Share It tersebut. Kemudian Anda bisa langsung mengirimnya secara manual menggunakan bluetooth.

Itulah langkah mudah untuk mengirim aplikasi Share it dengan cara mengirim Share It lewat Bluetooth yang bisa Anda coba. Langkah ini mudah dilakukan dan aman untuk ponsel Anda maupun milik teman Anda. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya

avatar

Muhammad Zakaria

Seorang pemuda yang hobi oprek komputer dan android.