Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Saya juga kecewa ketika secara tidak sengaja menghapus foto. Ini adalah satu hal yang membuat frustrasi. Jangan panik karena saya akan memberi tahu Anda cara mengembalikan foto yang terhapus di Android.

Banyak orang menggunakan perangkat Android mungkin khawatir jika gambar yang sudah terhapus dari penyimpanan tidak dapat dikembalikan kembali. Tidak seperti komputer yang memiliki folder tempat sampah. Pada Android, file terhapus akan segera dihapus. Kabar baiknya adalah data untuk gambar dan video yang terhapus tidak sepenuhnya hilang sampai file baru menimpanya di memori ponsel Anda.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android menggunakan DiskDigger photo recovery

diskdigger photo recovery

DiskDigger adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan foto yang telah dihapus dari ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel Android dan iOS, jadi aplikasi ini dapat bekerja dengan perangkat apa pun!

DiskDigger memiliki antarmuka sederhana, di mana semua file dapat dipulihkan ditampilkan dalam daftar yang mudah dinavigasi. Anda cukup mengetuk file atau folder untuk melihat isinya.

Ada juga opsi untuk “memindai seluruh kartu penyimpanan”. Ketika dipilih, itu akan memindai setiap file satu per satu dan membiarkan Anda memilih mana yang ingin Anda pulihkan.

Jika Android Anda tidak di-root, DiskDigger memiliki beberapa batasan agar Anda dapat melakukan pemindaian penuh ponsel Anda. Jika Android Anda telah di-root, DiskDigger dapat melakukan keajaibannya dan memulihkan semua yang mungkin untuk Anda!

  1. Instal DiskDigger di Play Store
  2. Buka aplikasi dan pilih “Pulihkan Foto” dari menu
  3. Pilih ponsel atau tablet Android yang fotonya ingin Anda pulihkan, lalu ketuk. Klik OK. Tunggu beberapa menit sementara DiskDigger memulihkan file hilang.
  4. Setelah dipindai, gulir daftar foto dipulihkan hingga Anda menemukan apa yang Anda cari!
  5. Ketuk setiap foto untuk mempratinjaunya sebelum mengunduhnya kembali.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus menggunakan DigDeep Image Recovery

digdeep image recovery

Tidak jauh berbeda dengan DiskDigger. DigDeep menjadi salah satu perangkat lunak pemulihan Android gratis dan paling andal terbaik untuk memulihkan foto yang terhapus dari kartu memori, hard drive komputer, atau perangkat lain.

Jika Anda ingin mengambil lebih dari sekadar foto, maka ada banyak aplikasi di luar sana akan membantu Anda melakukannya dengan mudah.

Dig deep image recovery adalah salah satu alat terbaik untuk mengembalikan file yang hilang di ponsel Anda. Ini memindai semua lokasi penyimpanan internal dan eksternal dalam pencarian cepat untuk gambar yang telah dihapus tetapi mungkin masih dapat diambil.

Anda dapat menelusuri file berdasarkan tanggal pengambilan, jenis file, ukuran (dalam byte), nama, atau ekstensi untuk mempermudah menemukan apa file terhapus Anda.

  1. Unduh aplikasi DigDeep Image Recovery (gratis)
  2. Pilih Pulihkan File, lalu pilih perangkat penyimpanan (biasanya kartu SD atau kartu SIM) untuk menemukan foto & video. *Catatan: pastikan Anda telah menyalin file penting apa pun sebelum memindai ponsel Anda, karena ini akan menyebabkan file tersebut terhapus dari lokasi aslinya selama pemulihan.
  3. Pratinjau gambar dengan menggeser ke kiri/kanan dalam tampilan daftar file atau tampilan thumbnail gambar.
  4. Klik salah satu folder di bilah navigasi atas > klik tombol “Pulihkan” untuk setiap folder yang ingin Anda pulihkan dari perangkat penyimpanan yang dipilih. Lihat file dapat dipulihkan secara instan untuk konfirmasi sebelum memulai proses ekstraksi

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus menggunakan Photo Recovery Workshop

photo recovery workshop

Aplikasi berikut ini bernama Photo Recovery Workshop. Pembuatnya mengatakan bahwa itu dirancang untuk membantu orang tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di Android menggunakan aplikasi sederhana.

Pembuat Photo Recovery Workshop mengatakan bahwa aplikasi ini dapat memulihkan foto dan video dari berbagai situasi, seperti ketika file dihapus atau rusak karena infeksi virus. Aplikasi ini juga mengklaim bahwa ia dapat memulihkan gambar terhapus secara tidak sengaja atau hilang karena alasan lain seperti perangkat eksternal tidak berfungsi.

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka intuitif dengan tab navigasi yang jelas sehingga Anda dapat memahaminya dengan cepat.

Photo Recovery Workshop mendukung semua format utama: JPEG, PNG, GIF, BMP (Windows), TIFF (Mac), dan File RAW.

  1. Instal Photo Recovery Workshop di perangkat Android Anda
  2. Hubungkan ponsel Android dan pilih dari daftar perangkat yang terdeteksi.
  3. Aktifkan USB debugging dengan mengikuti langkah-langkah ini: Pengaturan> Opsi Pengembang> Aktifkan Debugging Usb (centang)> OK
  4. Jalankan proses pemulihan. Status akan ditampilkan secara real-time saat foto dipindai untuk mencari file yang dapat dipulihkan. Anda dapat menjeda kapan saja untuk menghemat masa pakai baterai atau melanjutkan lagi nanti saat nyaman, tetapi pastikan Anda tidak memutuskan sambungan sebelum menyelesaikan pemindaian!
  5. Setelah selesai memindai, klik tombol “Pulihkan Foto” untuk melihat semua gambar yang ditemukan dengan ukuran dan thumbnail yang dipratinjau; kemudian pilih format yang diinginkan dari opsi tersedia seperti arsip JPG, PNG, atau ZIP, juga di mana.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus menggunakan Deleted Photo Recovery

Anda bisa mencoba aplikasi Deleted Photo Recovery. Ini dapat membantu Anda memulihkan foto yang dihapus dari ponsel Android Anda hanya dalam beberapa langkah. Aplikasi ini berfungsi untuk mencari gambar yang tidak ada di galeri ponsel dan muncul sebagai thumbnail.

  1. Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Deleted Photo Recovery Free.
  2. Luncurkan aplikasi dan mulailah mencari foto yang hilang. Anda dapat memilih untuk melihat semua album atau memfilter berdasarkan tanggal, jenis foto diambil (potret, selfie), dll.
  3. Setelah menemukan foto yang diinginkan, Anda dapat mempratinjaunya dan menyimpannya di perangkat Anda dengan mengklik “Simpan“.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus menggunakan Dumpster – Recover Deleted Photos & Video Recovery

Dumpster - Recover Deleted Photos & Video Recovery

Dengan lebih dari 45 juta unduhan, Dumpster adalah aplikasi terbaik untuk memulihkan foto yang dihapus dari Android. Ini memulihkan semua jenis format, termasuk JPG, PNG, GIF, dan lebih dari 100+ jenis file dapat ditangkap kamera Anda.

  1. Buka situs Dumpster
  2. Klik tombol “Unduh Sekarang” dan instal di komputer Windows atau Mac Anda.
  3. Hubungkan perangkat Android dengan kabel USB, lalu klik “Next.”
  4. Kemudian ikuti petunjuk untuk memindai foto/video dari perangkat android dalam hitungan detik!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus menggunakan Google Photos

Google Photos adalah aplikasi luar biasa untuk Android dan iOS yang secara otomatis mencadangkan foto Anda. Setelah Anda menginstalnya di ponsel Anda, saat berikutnya Anda mengambil gambar atau video, mereka akan dicadangkan ke cloud serta disimpan secara lokal di perangkat Anda.

  1. Buka aplikasi Google Photos di perangkat Android Anda dan ketuk tiga garis di sudut kiri atas.
  2. Ketuk Perpustakaan Photos, yang akan memunculkan daftar foto. Anda juga dapat memberi tahu Google Photos untuk hanya menampilkan foto yang dihapus dengan mengetuk Tampilkan yang Dihapus. Sekarang Anda harus memilih gambar mana yang ingin Anda pulihkan.

Semoga, Anda dapat menggunakan artikel cara mengembalikan foto yang terhapus di Android untuk memulihkan foto yang telah dihapus dari ponsel Anda. Jika Anda belum menggunakan Google Photos, saya sangat menyarankan Anda untuk memulai karena ini adalah cara paling praktis untuk mencadangkan semua media Anda secara gratis!

Leave a Comment