Cara Membersihkan RAM HP Android

Saat Anda mencari cara membersihkan RAM HP Android, Anda harus ingat bahwa semakin kecil spesifikasi perangkat Anda, semakin sedikit metode yang tersedia. Masalah yang sering dialami pengguna Android adalah ponsel lambat dan lag. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, jadi masuk akal untuk melakukan sedikit riset sebelum mengambil tindakan apa pun pada ponsel cerdas Anda.

Untuk ponsel Android dengan spesifikasi kecil, RAM memainkan peran penting dalam menjalankan tugas-tugas mereka, seperti browsing atau bermain game. Jika Anda mengalami masalah dengan perangkat Anda, maka Anda harus meluangkan waktu untuk membaca artikel ini tentang 15 cara membersihkan RAM di Ponsel Android untuk semua ukuran ponsel cerdas!

Cara Membersihkan RAM Android

Berbagai metode dapat digunakan untuk membersihkan RAM Android, tetapi banyak pemilik tidak tahu caranya. Berikut adalah 15 cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan RAM HP Android.

1. Tutup Aplikasi Di Recent Apps

Menutup aplikasi di recent apps adalah hal pertama yang harus Anda lakukan agar RAM HP menjadi lega. Cara ini terbukti efektif untuk memperlancar proses multitasking pada smarthpone.

Aplikasi yang sering terbuka dan lupa ditutup tetap membutuhkan konsumsi RAM, karena aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang.

Sehingga, salah satu cara paling sederhana untuk menggurangi penggunaan RAM secara cepat adalah dengan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan pada recent apps.

Cara membersihkan RAM HP Android

2. Cek Penggunaan RAM Di Android

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek penggunaan RAM Android itu sendiri.

Untuk itu kita perlu masuk kedalam menu Memory. Khusus untuk Android Orea keatas, cara melihatnya agak ribet. Tapi disini saya kasih tau.

1. Buka Settings
2. Pilih System Settings
3. Klik About phone
4. Klik 7 kali di bagian Build number untuk mengaktifkan Developer Mode
5. Buka Developer Mode dan Klik Memory atau Running services
Cek-penggunaan-RAM-di-Android
6. Dibagian Options Anda akan melihat penggunaan RAM
Cek-penggunaan-RAM-di-Android
Dibagian Memori, Anda dapat melihat secara rinci memori yang digunakan oleh aplikasi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi aplikasi yang mengkonsumsi banyak RAM dan mungkin menggantinya dengan aplikasi yang berkinerja lebih baik atau menghapusnya jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting.

Untuk android versi terbaru, pengguna dapat memilih aplikasi yang ingin di tutup agar tidak berjalan di latar belakang untuk performa yang lebih baik.

3. Periksa Dan Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Apakah Anda termasuk orang yang tidak menggunakan semua aplikasi di smartphone ? Jika iya, maka sebaiknya aplikasi yang jarang digunakan wajib di uninstall. Aplikasi yang aneh juga perlu diwaspadai, cek artikel Cara Menghilangkan Virus di Android untuk informasi lengkapnya.

Langkah ini harus dilakukan karena aplikasi yang tidak terpakai sekalipun sebenarnya memakan RAM walaupun dalam keadaan tidak dibuka, apalagi jika jumlah aplikasi tersebut banyak.

Cara menghapus aplikasi pada Android

1. Buka menu Setting
2. Masuk ke menu Apps
uninstall-aplikasi-tidak-terpakai
3. Pilih aplikasi yang tidak dipakai dan memakan memori RAM yang banyak
uninstall-aplikasi-tidak-terpakai
4. Kemudian klik Uninstall
uninstall-aplikasi-tidak-terpakai
Perlu diingat, aplikasi bawaan smartphone tidak bisa di hapus, jadi cara terbaik adalah dengan menonaktifkan aplikasi tersebut.

4. Uninstall Aplikasi Chatting Yang Jarang Digunakan

Aplikasi obrolan berjalan di latar belakang dan terkadang memakan terlalu banyak RAM, jadi sebaiknya tutup semua aplikasi obrolan saat tidak digunakan atau lebih baik hapus instalan jika tidak perlu.

Jika tidak ada pengisi daya di sekitar dan daya baterai Android Anda hampir habis, coba nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan seperti Facebook Messenger atau WhatsApp hingga Anda dapat mengisi daya lagi! Ini akan membebaskan RAM untuk proses lain dan menghemat batre.

Uninstall-aplikasi-chatting

5. Menghentikan Aplikasi Secara Paksa

Beberapa aplikasi di Android masih tetap berjalan di latar belakang walaupun sudah tidak digunakan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan proses penutupan aplikasi secara paksa. Cara ini secara tidak langsung berguna untuk membersihkan RAM HP.

Untuk android versi lama, melakukan proses penutupan aplikasi secara paksa wajib untuk dipraktekan.

Untuk cara menghentikan secara paksa aplikasi Android, yaitu:

1. Pilih menu Setting.
2. Pilih Apps.
3. Pilih aplikasi yang tidak dipakai lagi.
4. Klik Paksa berhenti atau Force stop.
menghentikan-aplikasi-secara-paksa
Anda dapat menghentikan paksa aplikasi apa saja sehingga RAM dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi lain yang sedang berjalan.

6. Memindahkan Aplikasi Ke MicroSD

Perlu di ingat, tidak semua aplikasi di Android dapat dipindahkan ke MicroSD.

Untuk versi Android Jelly Bean keatas, anda dapat memindahkan aplikasi dari internal ke MicroSD tanpa aplikasi pihak ke tiga.

Cara memindahkan aplikasi ke eksternal, yaitu:

1. Buka menu Setting.
2. Pilih Apps.
3. Pilih Aplikasi yang mau di pindahkan
4. Klik Storage
Memindahkan-aplikasi-ke-MicroSD
5. Klik Change.
Memindahkan-aplikasi-ke-MicroSD
6. Pilih kartu SD.
Memindahkan-aplikasi-ke-MicroSD

7. Menonaktifkan Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Tidak semua aplikasi bawaan yang perlu Anda gunakan. Padahal aplikasi bawaan ini juga memakan memori yang cukup banyak. Mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi untuk mengosongkan RAM di ponsel Android Anda dapat mengatasi masalah RAM.

Jika Anda pengguna Android, Anda hanya perlu membuka menu dan menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan.

Untuk aplikasi bawaan Android tidak bisa di-uninstall kecuali sudah Android sudah di root, tetapi untuk aplikasi pihak ketiga, Anda bisa menonaktifkannya dengan masuk ke Settings dan pilih “Uninstalled“.

Salah satu cara membersihkan RAM HP Android adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak pernah digunakan atau memasang aplikasi yang tidak memerlukan banyak RAM.

Cara menonaktifkan aplikasi tersebut, yaitu:

1. Buka menu Setting.
2. Pilih Apps.
3. Pilih aplikasi bawaan yang dirasa tidak perlu.
4. Kemudian pilih Disable aplikasi.
Cara menonaktifkan aplikasi
Cara menonaktifkan aplikasi
Jika suatu waktu anda ingin menggunakannya lagi, anda cukup mengulangi langkah-langkah diatas, namun pada step terakhir pilih Aktifkan aplikasi.

8. Membersihkan Cache Aplikasi Secara Rutin

Cache adalah istilah di dunia perangkat Android yang mengacu pada data aplikasi yang disimpan secara lokal. Setiap kali Anda membuka aplikasi, ia memeriksa apa yang ada di cache dan mencoba untuk menghindari mengunduh ulang data itu jika ada.

Jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan RAM penuh sehingga mempengaruhi performa smartphone anda.

Cara menghapus cache aplikasi Android, yaitu:

1. Buka menu Settings.
2. Pilih Apps.
Membersihkan-cache-aplikasi
3. Pilih aplikasi yang ingin di hapus cachenya.
4. Klik hapus cache.
Membersihkan-cache-aplikasi
Membersihkan cache di ponsel Android Anda dapat membantu cara membersihkan RAM HP Android dan mengatasi masalah memori. Melakukannya secara teratur memastikan bahwa file cache tidak menumpuk, membuatnya mudah untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya tanpa hambatan.

Membersihkan cache juga akan membuat ponsel Android Anda bekerja lebih efisien dengan menghapus sisa data yang memperlambat kinerja tanpa menyegarkannya dengan info baru dari aplikasi yang sering Anda gunakan.

9. Nonaktifkan Animasi Dan Transisi

Secara default, Android Anda telah mengaktifkan efek animasi dan transisi. Ini bekerja dengan baik untuk beberapa orang, tetapi juga memakan banyak RAM.

Perangkat Android memiliki animasi untuk memberikan kegembiraan ekstra saat transisi antara aplikasi, jendela, dan menu. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan animasi ini tergantung pada preferensi Anda. Aktifkan mereka jika Anda tidak melihat adanya perlambatan kinerja atau jika Anda senang melihat gerakan yang digambar tangan, tetapi jika Anda menginginkan ponsel yang lebih cepat serta lebih banyak RAM bebas, maka nonaktifkan adalah pilihan yang tepat.

Jika Anda mencari kinerja yang lebih cepat di ponsel Android Anda tanpa menginstal aplikasi baru atau ROM khusus, ini adalah cara termudah untuk melakukannya!

Cara Menonaktifkan efek animasi dan transisi Android, yaitu:

1. Pilih menu Settings.
2. Scrolling kebawah sampai menjumpai menu About Phone.
Cara-Menonaktifkan-efek-animasi-dan-transisi-Android-1
3. Lalu klik Build number beberapa kali, sampai muncul pesan yang menyatakan Anda sudah menjadi pengembang.
Cara-Menonaktifkan-efek-animasi-dan-transisi-Android
4. Kemudian kembali ke menu Settings.
5. Pilih menu Developer Options yang muncul setelah menjadi pengembang.
Cara-Menonaktifkan-efek-animasi-dan-transisi-Android
6. Lalu di menu Drawing nonaktifkan Windows Animation, Transition Animation, dan Animator Duration Scale.
Cara-Menonaktifkan-efek-animasi-dan-transisi-Android
Cara-Menonaktifkan-efek-animasi-dan-transisi-Android
Selesai!

10. Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Wallpaper smartphone yang biasanya hanya berupa gambar bisa diganti dengan wallpaper hidup biasanya disebut Live Wallpaper.

Live Wallpaper adalah video yang diputar di layar ponsel Anda. Jika Anda menggunakan live wallpaper, akan ada lebih banyak penggunaan RAM daripada menggunakan wallpaper yang sama tetapi tidak berupa video.

Untuk mengurangi konsumsi RAM, disarankan untuk berhenti menjalankan aplikasi jenis ini dan segera menonaktifkannya.

11. Menghapus Widget Di Android

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja ponsel Android Anda dan ingin mengosongkan RAM, widget bukanlah yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki banyak widget di ponsel, sebaiknya hapus satu per satu sebelum terjadi masalah.

Selain itu, menggunakan lebih sedikit widget akan mengurangi konsumsi memori dan memberikan lebih banyak ruang untuk aplikasi lain.

Menghapus-widget-di-Android

12. Menghapus File Yang Tidak Terpakai

Menghapus file yang diunduh di ponsel Android Anda dapat membersihkan RAM dan memori HP. Ini akan terjadi saat Anda mengunduh lebih banyak aplikasi baru yang memakan ruang, dan ini penting karena semakin banyak program aktif di RAM, semakin lambat jadinya.

Jika ponsel Android Anda kehabisan memori, Anda harus menghapus file dan aplikasi yang tidak perlu untuk mengosongkan RAM perangkat Android Anda.

Anda dapat menghapus file unduhan yang tidak digunakan dalam aplikasi pengelola file di ponsel atau kartu SD Anda, dan Anda akan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan menutup dua program sekaligus.

Untuk cara menghapus file yang tidak di pakai di Anroid

1. Buka setting.
2. Klik Penyimpanan.
3. klik kategori.
4. Pilih file yang tidak diperlu dan hapus.

13. Mengkompres Foto

Sebagian besar penyimpanan di perangkat Anda ditempati oleh file foto, baik dari foto yang Anda ambil atau unduh.

Untuk mengosongkan lebih banyak RAM di ponsel Android, Anda harus mengompres foto dan menyimpannya di kartu SD.

Banyak aplikasi pengeditan foto dapat membantu Anda mengurangi ukuran gambar, sehingga mengambil lebih sedikit ruang tanpa kehilangan kualitas terlalu banyak.

Ada banyak aplikasi yang tersedia pada Play Store untuk melakukan kompresi foto. Anda tidak perlu khawatir karena kompresi foto ini tidak akan mengurangi kualitas foto.

Jika Anda tidak ingin mengompres foto, Anda juga dapat mengurangi resolusinya. Atau gunakan beberapa aplikasi yang dapat menyimpan gambar Anda di cloud. Google Foto adalah aplikasi berperingkat teratas dan gratis untuk Anda gunakan.

Selain menghemat memori HP. hal ini bisa membuat Anda lebih banyak foto.

14. Menggunakan Aplikasi Pembersih RAM

Memasang aplikasi pembersih RAM di ponsel Android Anda dapat memberikan perbaikan yang mudah untuk cara membersihkan RAM HP Android.

Ada banyak Aplikasi Pembersih RAM untuk Android, tetapi penting untuk menemukan satu yang bekerja dengan baik dengan memori ponsel Anda.

Aplikasi ini akan membantu Anda membersihkan cache RAM dan memastikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang telah ditutup.

Rekomendasi aplikasi pembersih RAM Android menurut penulis yaitu:

Clean Master

Dilengkapi segalanya. Fitur yang berlimpah tentu saja sangat berguna untuk memaksimalkan peforma HP.

CCleaner

Menghapus file yang tidak perlu serta memperbaiki kesalahan di Android. Cocok untuk yang menginginkan hasil lebih baik.

Files by Google

Salah satu aplikasi buatan Google. Dengan fitur menghapus cache, foto yang duplikat, dan yang paling menarik adalah memberikan berbagai rekomendasi file yang harus Anda hapus.

Silahkan pilih salah satu yang paling cocok dengan selera Anda.

15. Menggunakan Custom ROM Yang Ringan

Jika Anda kesulitan membersihkan RAM di perangkat Android Anda dan telah mencoba metode cara membersihkan RAM HP Android di atas tanpa hasil, pertimbangkan untuk menggunakan ROM khusus. ROM Kustom adalah modifikasi perangkat lunak pada sistem Android yang memberi pengguna kendali atas perangkat mereka.

ROM khusus menyediakan lebih banyak ruang RAM untuk digunakan pengguna, yang berarti akan mengurangi beban pada memori ponsel Anda. Pada Custom ROM tidak terpasang bloatware sehingga RAM akan lebih hemat.

Tentu tidak semua smartphone bisa menggunakan custom ROM. Jika Anda tidak yakin apakah ponsel Android Anda dapat menggunakan ROM khusus, maka hal terbaik bagi Anda adalah melakukan pencarian Google. XDA Developers adalah situs web yang tepat untuk memberikan informasi tentang ponsel mana yang berfungsi dengan berbagai jenis ROM.

Untuk menggunakan Custom ROM, Anda harus memahami risiko melakukannya. Salah satu perubahan tersebut adalah bahwa pabrikan asli tidak mendukung ROM khusus. Custom ROM dapat menyebabkan ponsel Anda tidak berfungsi atau kehilangan data jika Anda tidak mengikuti petunjuk pemasangan dengan benar.

Namun dalam beberapa kasus, ini juga dapat memiliki manfaat: misalnya, ROM khusus sering kali menawarkan fitur unik seperti antarmuka yang lebih ramah pengguna, masa pakai baterai yang lebih baik, dan kinerja yang lebih cepat daripada yang biasanya.

ROM Kustom juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sistem operasi yang kurang stabil, potensi hilangnya garansi, risiko yang lebih signifikan kehilangan semua informasi pribadi yang tersimpan di perangkat Anda saat menginstal OS baru, kemungkinan bahwa perangkat keras tidak akan berfungsi.