1. Home
  2. »
  3. Tips Android
  4. »
  5. Cara Menghilangkan Virus di Android

Cara Menghilangkan Virus di Android

Virus adalah salah satu hal yang paling menjengkelkan dan membuat frustrasi yang dapat terjadi pada seseorang. Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda mungkin berisiko terkena virus di perangkat Anda.

Untungnya, beberapa langkah dapat membantu menghapus virus dari ponsel Android Anda. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara untuk menghilangkan virus di Android.

Cara Menghilangkan Virus di Android ( Jika Sudah Terkena )

Jika Android Anda telah terinfeksi virus, Anda mungkin memperhatikan bahwa itu melambat, aplikasi tidak dimuat dengan benar dan baterai Anda bertahan lebih lama dari biasanya.

Ini karena virus dapat meningkatkan penggunaan CPU pada ponsel Android Anda yang secara drastis akan menurunkan kinerja perangkat dan masa pakai baterainya. Berikut ini cara menghilangkan virus di Android.

1. Hapus aplikasi berbahaya

Cara Menghilangkan Virus di Android

Jika ponsel Android Anda memiliki virus, Anda mungkin telah mengunduh beberapa aplikasi berbahaya. Anda harus menghapus aplikasi dari perangkat Anda dan pastikan untuk memperbarui semua aplikasi Anda untuk mencegah masalah di masa mendatang.

Untuk menghapus aplikasi ini:

– Masuk ke Pengaturan
– Ketuk Aplikasi dan temukan aplikasi yang ingin Anda hapus
– Klik Copot pemasangan di dekat nama aplikasi ini.
– Ulangi langkah satu sampai tiga sampai semua program yang mencurigakan dan tidak diinginkan sudah di hapus dari ponsel Anda.

2. Hapus cache dan file unduhan Anda

Beberapa jenis malware Android, seperti adware, dapat bersembunyi di browser Anda. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan membersihkan cache dan unduhan Anda.

Untuk melakukan ini:

– Masuk ke Pengaturan
– Ketuk Aplikasi
– Temukan browser aplikasi yang ingin Anda hapus
– Klik Hapus Cache di dekat nama aplikasi

Akan lebih baik jika Anda juga menghapus cache aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Twitter, Skype, dan aplikasi lain dengan akses ke informasi sensitif dari waktu ke waktu untuk tidak mengisi ruang yang tidak perlu ketika aplikasi tersebut tidak cukup sering digunakan.

3. Format smartphone

Jika tidak ada cara menghilangkan virus di android di atas yang berhasil, Anda dapat memulai dari awal — dengan mengatur ulang ponsel Anda ke pengaturan default pabrik. Proses ini akan menghapus semua yang ada di ponsel Anda dan mengembalikannya ke keadaan seperti baru, dengan semua pengaturan diatur ulang.

Ini juga cocok ketika Anda menjalankan perangkat Android terlalu lama tanpa mengosongkan ruang penyimpanannya setidaknya sekali atau dua kali.

Satu-satunya hal yang tidak bisa dilakukan metode ini adalah menghapus virus apa pun yang berasal dari sistem itu sendiri. Misalkan ada lubang keamanan di perangkat lunak sistem operasi Anda.

Dalam hal ini, peretas masih dapat memanfaatkannya bahkan setelah Anda menghapus data Anda — dan mereka mungkin dapat mencuri informasi sebelum Anda memasang perlindungan antivirus pada ponsel yang baru Anda setel ulang juga!

Aplikasi untuk Menghilangkan Virus dari Ponsel Anda

Banyak program antivirus dapat diinstal pada ponsel Anda untuk membantu menghapus virus, tetapi tidak semua aplikasi ini berfungsi! Untuk itu, ketika saya menulis cara menghilangkan virus di android, saya menemukannya.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu dan memastikan bahwa aplikasi yang Anda inginkan kompatibel dengan jenis perangkat Anda (Android atau Windows) dan versi OS; versi yang berbeda dari sistem operasi mungkin memiliki tingkat kompatibilitas yang berbeda untuk setiap program.

Saat meneliti ulasan tentang antivirus ini, berhati-hatilah dengan situs web ulasan palsu. Opsi teraman adalah membaca ulasan di situs seperti CNET sebelum membuat keputusan.

Malwarebytes

Setelah penelitian, saya menemukan bahwa antivirus terbaik untuk perangkat dan OS saya adalah Malwarebytes. Mudah digunakan tanpa perlu pengaturan! Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store dan membuka aplikasi untuk memindai telepon Anda.

Ada berbagai tingkat pemindaian yang tersedia, tetapi pemindaian penuh membutuhkan waktu sekitar satu jam (tergantung perangkat), jadi pastikan untuk tidak melakukan ini saat Anda harus segera pergi.

Fitur Utama:
– Memindai beberapa perangkat sekaligus (hingga tiga)
– Menampilkan persentase malware yang telah dihapus setelah setiap siklus
– Melindungi dari ancaman di masa depan dengan terus memperbarui virus baru saat muncul
– Tidak ada batasan dalam kecepatan

Bitdefender

Bitdefender adalah aplikasi penghapus virus solid dan terbaik lainnya, terutama karena aplikasi ini ringan. Ini dirancang untuk perangkat Android yang berjalan pada versi sistem operasi yang lebih lama (apa pun sebelum Jelly Bean) dan hanya akan berfungsi dengan model ponsel tertentu.

Fitur Utama:
– Pemindaian lebih cepat daripada aplikasi lain
– Antarmuka penggunaan yang mudah
– Melengkapi antivirus dengan browser Bitdefender Safepay, pengunduh, toko aplikasi, pemblokir SMS, dan banyak lagi.

Anda juga dapat membeli modul tambahan seperti kontrol orang tua dan layanan anti-pencurian, yang terintegrasi dengan mulus ke dalam aplikasi, sehingga Anda tidak perlu beralih di antara program yang berbeda atau memasukkan informasi secara manual beberapa kali.

AVG

Jutaan orang mempercayai AVG untuk perlindungan perangkat Android mereka. Dengan pemindai virus yang cepat, mesin antivirus yang tangguh, dan kinerja terdepan di pasar, Anda dapat yakin bahwa perangkat Anda selalu terlindungi dari ancaman online ke mana pun Anda pergi.

Fitur Utama:
– Kecepatan pemindaian cepat
– Basis data virus besar
– Pembaruan otomatis dengan satu ketukan sederhana di antarmuka AVG Zen

Perlindungan AVG: Hanya aplikasi antivirus/antimalware Android yang menggunakan perlindungan berlapis yang dapat menawarkan jaminan perlindungan 100% terhadap serangan siber. Lapisan pertama adalah mempersiapkan perangkat Anda dengan memindai dan membersihkannya sebelum menginstal aplikasi apa pun dari sumber luar.

Ini akan membantu Anda menghindari malware dan meningkatkan masa pakai baterai, yang sering dilupakan banyak orang saat mereka selalu menggunakan ponsel! Selanjutnya, perbarui semua perangkat Android dengan mengaktifkan notifikasi pembaruan otomatis.

Dengan pembaruan rutin yang diinstal, ada lebih sedikit kerentanan untuk dieksploitasi oleh peretas, membuat mereka cenderung tidak menargetkan perangkat Anda.

Cara mengetahui Android terkena virus

Saat Anda mengunduh aplikasi palsu, itu seperti membuka gerbang keamanan di ponsel cerdas Anda. Virus sekarang dapat masuk dan mencuri informasi pribadi Anda, mengirim pesan ke setiap kontak yang Anda miliki, atau bahkan membuat perubahan pada semua pengaturan Anda.

Berikut ini beberapa cara untuk mengetahuo Android sudah terkena virus

Aplikasi terus-menerus crash

Saat Android pertama kali dirilis, banyak aplikasi tersedia yang crash, tapi sekarang tidak lagi. Jika masalah berlanjut, instal aplikasi antivirus Android untuk memindai potensi ancaman di ponsel Anda dan menghapusnya dengan cepat.

Jika ponsel Android Anda sering memiliki aplikasi yang mogok secara tidak terduga, ini adalah tanda bahwa ia mungkin telah terinfeksi malware, dan Anda harus menghapusnya.

Muncul Pop up

Saat Anda memasang aplikasi yang tidak dapat dipercaya, mereka biasanya menyusup dengan iklan. Saat Anda membuka aplikasi baru, aplikasi lain akan muncul dan menutupi layar Anda. Itu tandanya smartphone kamu sudah disusupi malware.

Waspadai pop-up di ponsel Anda yang mengatakan ada virus dan Anda perlu mengunduh aplikasi. Pesan-pesan ini biasanya berasal dari iklan yang mengganggu yang membuat browser mogok, jadi jangan klik.

Jika Anda mengalami iklan pop-up, notifikasi, atau masalah lainnya saat menjelajahi aplikasi atau bermain game di ponsel Android, coba langkah berikut:

Langkah 1) Pastikan hanya mengunduh dan menginstal aplikasi dari Google Play store. Ini akan mencegah virus apa pun memengaruhi perangkat Anda saat Anda menggunakan aplikasi yang tidak aman.

Langkah 2) Jika Anda mengalami iklan pop-up (atau pemberitahuan lainnya), pertama-tama pastikan bahwa “Tampilkan pemberitahuan konten” tidak dicentang di Pengaturan Android -> Manajer aplikasi -> Pemberitahuan & hapus centang “tampilkan konten pemberitahuan“.

Aplikasi Palsu

Aplikasi Palsu biasanya terjadi ketika Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak sah. Anda dapat mengunduh dari luar Google Play Store jika Anda yakin tentang aplikasi tersebut.

Cara terbaik untuk menghindari malware di ponsel Android Anda adalah dengan hanya mengunduh dari sumber tepercaya. Pastikan sumber tepercaya dengan memeriksa izin aplikasi Android dari Google Play Store sebelum mengunduh dan menginstal.

Cara menghapus aplikasi palsu:

– Hapus aplikasi dari perangkat Anda dengan menekannya untuk membuka menu dan mengetuk “Copot pemasangan

atau bisa dengan

– Di Android, buka Pengaturan > Aplikasi > Nama Aplikasi Anda > Copot Pemasangan
– Mulai ulang ponsel Anda jika diminta setelah mencopot pemasangan aplikasi.

Baterai cepat habis

Malware dapat menghabiskan banyak energi, dan baterai Anda akan cepat habis. Anda dapat memeriksa menu pengaturan untuk ponsel Anda dan melihat apakah ada aplikasi mencurigakan yang mungkin menghabiskan daya Anda.

Jika Anda menemukannya, hapus aplikasi tersebut!

Ada aplikasi aneh yang dapat berjalan di latar belakang, ini adalah tanda lain dari malware yang mengganggu cara Android beroperasi.

Buka Pengaturan > Baterai dan ketuk aplikasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penggunaan dan konsumsi energinya. Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menguras baterai Anda sebelum melakukan hal lain.

Ringkasan

Perangkat dengat sistem operasi, seperti komputer atau ponsel cerdas, rentan terhadap virus. Ini karena perangkat seperti Android merupakan sistem operasi open source yang dapat diakses oleh siapa saja.

Sayangnya, ini dapat memungkinkan virus untuk dimasukkan ke dalam sistem operasi tanpa Anda sadari. Semua ponsel Android memiliki perangkat lunak sumber terbuka, yang berarti kode apa pun dapat dimodifikasi dan diubah jika diperlukan.

Leave a Comment